MANAGEMEN PENDAPATAN & PENETAPAN HARGA
(REVENUE AND PRICING MANAGEMENT)


Harga barang maupun jasa dalam industri akomodasi, kuliner dan pariwisata sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor internal maupun eksternal. Dibandingkan industri manufakturing, harga dari produk atau jasa dalam industri hospitality cenderung lebih berfluktuasi. 

Bagaimana cara menetapkan harga yang tepat, pada saat yang tepat, untuk konsumen yang tepat? Apakah strategi harga kamar murah agar penjualan tinggi akan lebih baik menguntunkan dibanding menjual dengan harga mahal tapi volume penjualan kecil? Kenapa harga tiket pesawat bisa berbeda untuk jenis kursi yang sama pada tanggal yang sama? Inilah beberapa pertanyaan yang akan coba dijawab melalui mata kuliah ini. 

Dalam mata kuliah ini akan dibahas :

  1. Latar belakang dan hakekat penetapan harga
  2. Strategi penetapan harga berdasarkan biaya, berdasarkan permintaan dan berdasarkan persaingan
  3. Metode peramalan pendapatan
  4. Strategi untuk memaksimalkan pendapatan usaha akomodasi, usaha makanan dan minuman, dan kegiatan wisata perjalanan 


Skill Level: Beginner